Senin, 20 Januari 2014

Sehat dan Cerdas dengan Sarapan

Saat tidur malam, tubuh memakai cadangan makanan untuk menjalankan aktivitas organ-organ penting. Karenanya, sarapan berperan mengisi kembali cadangan makanan yang telah terpakai selama seseorang tidur.
Melewatkan sarapan dapat menyebabkan pusing dan mengantuk. Membuat sulit berkonsentrasi saat menjalankan aktivitas. Pada anak-anak, kebiasaan tidak sarapan juga dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan. Bahkan, bisa memicu obesitas karena nafsu makan jadi tak terkendali.
Makanan dan minuman untuk Sarapan Sehat
Karena sarapan banyak memilik fungsi penting, maka sebaiknya makanan saat sarapan sebaiknya dipilih yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. 
Sumber karbohidrat yang baik karena kita orang Indonesia adalah nasi.
Sumber lemak misalnya dari daging ayam.
Sumber protein yang baik misalnya dari telur
Sumber vitamin misalnya dari segala jenis buah-buahan, misalnya apel.
Mineral, sumber mineral yang baik cukuplah air putih. Nah, itulah makanan dan minuman sehat untuk sarapan dan jangan lupakan SAYURAN, karena itu berfungsi sebagai memperlancar pencernaan kita. 
Sarapan Sehat sebagai Pilar Gizi Seimbang 
Gizi seimbang adalah adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan. Maka dari kelengkapan gizi yang diperoleh dari sarapan, sarapan juga merupakan pilar bagi kelangsungan keseimbangan gizi dalam tubuh kita.
Sarapan Sehat Mewujudkan Generasi Sehat dan Cerdas 
Jika semua kebutuhan gizi dalam tubuh kita telah terpenuhi, maka dengan kata lain, tubuh kita gizinya telah termanjakan. Gizi tersebut sangat berguna bagi perkembangan otak serta kebugaran tubuh kita, misalnya saja protein, prtein dapat membantu orang menjadi cerdas serta dapat mengganti sel-sel yang rusak. Menjaga kebugaran itu adalah fungsi karbohidrat, jika siswa sekolah sekarang selalu sarapan, maka saat di sekolah siswa tersebut akan selalu bugar dan semangat dalam menuntut ilmu yang akan membuat prestasinya terangkat karena semangatnya itu.
Berikut manfaat sarapan yang lain:
1.  Memenuhi kebutuhan nutrisi
Menunda sarapan berarti menyulitkan proses memperoleh asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.  Menu sarapan seperti sereal atau yogurt rendah lemak plus granula akan memberi cukup kalsium dan serat.

2.  Membantu menurunkan berat badan
Ketika Anda beraktivitas dengan perut kosong, tubuh akan membakar kalori secara lambat dan dapat meningkatkan metabolisme. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti donat akan membuat glukosa melonjak, kemudian turun drastis. Itu akan membuat Anda merasa lapar lebih cepat.
3.  Tingkatkan kemampuan otak 
Riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan pelajar yang selalu sarapan mencatat nilai rata-rata 22% lebih tinggi ketimbang yang tidak sarapan. Sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen habis terkuras karena aktivitas sehari sebelumnya. Glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelah dan berkunang-kunang.
4.  Perlindungan terhadap sakit jantung
Riset menunjukkan wanita sehat yang melewatkan sarapan selama 2 pekan punya kadar kolesterol buruk. LDL lebih tinggi ketimbang mereka yang menyantap semangkuk sereal plus susu di pagi hari. 
Dengan banyaknya fungsi diatas, maka, dengan sarapan saja akan terbentuk bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang Sehat dan Cerdas. Sekian tulisan saya ini, semoga bermanfaat. 

0 comments:

Posting Komentar

beri komentar yaaaa :)